Evaluasi Kesesuaian Lahan & Perencanaan Tataguna Lahan

Penulis: Sarwono Hardjowigeno & Widiatmaka
Penerbit: Gadjah Mada University Press
Cetakan: pertama, September 2007
Tebal: xx + 352 halaman

Sebagaimana disebutkan di dalam Kata Pengantar, buku ini merupakan buku pegangan wajib mahasiswa di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB. Oleh sebab itu, titik berat evaluasi kesesuaian lahan adalah pada kondisi tanah (soil) dan untuk kepentingan pertanian.

Pada buku ini dibahas mengenai survei pemetaan tanah di Indonesia, metoda evaluasi kesesuaian lahan di Indonesia, evaluasi kesesuaian lahan yang lebih detail untuk pertanian dan kehutanan, permukiman dan bangunan, dan pariwisata, serta perencanaan tataguna lahan.

Pada bab mengenai survei dan pemetaan tanah disebutkan beberapa jenis peta tanah di Indonesia. Yang paling menonjol adalah pembuatan peta tanah tinjau (1 : 250.000) melalui RePPProt (Regional Physical Planning Program for Transmigration) pada Pelita IV (1984-1989) dan LERP (Land Resource Evaluation and Planning)  pada tahun 1993-1997 (akhir Pelita V/awal Pelita VI) lebih dari 10 tahun sampai lebih dari 25 tahun yang lalu. Selain itu, diuraikan mengenai permasalahan pada survei tanah dan evaluasi lahan di Indonesia, seperti pengklasifikasian tanah atau taksonomi tanah yang dipakai, faktor-faktor yang dinilai pada evaluasi lahan, ataupun perbedaan sistem klasifikasi kesesuaian lahan. Sistem klasifikasi kesesuaian lahan ada yang menggunakan kelas S(sesuai)1, S2, S3, N(tidak sesuai)1, N2; kelas S1, S2, S3, S4, N1, N2; atau kelas I-VIII.

Kemampuan lahan menurut sistem United States Department of Agriculture (USDA) membagi kemampuan lahan ke dalam kelas I-VIII dengan semakin banyak kelas berarti hambatan meningkat dan pilihan penggunaan lahan berkurang. Tekstur tanah diklasifikasikan ke dalam 12 kelas dengan pengelompokan sebagai berikut:

  • halus: liat berdebu, liat;
  • agak halus: liat berpasir, lempung liat berdebu, lempung berliat, lempung liat berpasir;
  • sedang: debu, lempung berdebu, lempung;
  • agak kasar: lempung berpasir;
  • kasar: pasir berlempung, pasir.

Kemampuan lahan menurut sistem FAO terbagi ke dalam kategori ordo, kelas, subkelas, unit. Pada tingkat ordo dikenal 2 ordo, yaitu S (sesuai) dan N (tidak sesuai). Pada tingkat kelas, terdapat klasifikasi berikut:

  • S1: sangat sesuai;
  • S2: cukup sesuai;
  • S3: sesuai marginal;
  • N1: tidak sesuai pada saat ini;
  • N2: tidak sesuai selamanya.

Sedangkan pada tingkat subkelas dan unit, dituliskan jenis pembatasnya.

Pada tataguna hutan kesepakatan, diuraikan mengenai faktor fisik lingkungan (lereng, kepekaan tanah terhadap erosi, intensitas hujan harian), nilainya, dan jumlah nilai skoring (misal nilai sama dengan atau lebih dari 175 untuk hutan lindung).

Evaluasi kesesuaian lahan untuk permukiman dan bangunan terbatas untuk bangunan permanen tiga tingkat, septic tank, jalan, dan penimbunan sampah, serta pariwisata.

Bagian akhir mengenai perencanaan tataguna lahan dibahas menurut Badan Pertanahan Nasional, FAO, dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Sayangnya uraian mengenai UU Nomor 26 Tahun 2007 masih berisi uraian UU Nomor 24 Tahun 1992, belum diperbarui dengan UU yang baru.

Secara keseluruhan, buku ini sangat informatif mengenai aspek tanah (soil) dan aplikasi ilmu tanah pada evaluasi kesesuaian lahan untuk kegiatan pembangunan, khususnya pertanian dan kehutanan.

About these ads

2 Comments (+add yours?)

  1. anunkdjportal
    Nov 09, 2012 @ 03:37:03

    bang downloadnya gimana, buat bukunya tu,, dah pusing nyariin tu buku tpi gak pernah dapet, mohon pencerahannya,,,

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: